Select Page

Dear customer, kali ini kami akan membahas tentang tipe microphone (mic) yang paling sering dipesan dan digunakan customer kami pada event-event oleh Lais Sound System dengan tujuan untuk memberikan sedikit informasi tambahan bagi customer. Tanpa membahas lebih detail dan mendalam, dapat dijelakan disini bahwa mic bertugas mengkonversi sumber suara menjadi energi listrik. Sumber suara yang dimaksud yaitu pembicara pengguna mic.

Meskipun Microphones adalah alat yang relatif sederhana; namun ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan berdasarkan efektifitas penggunaan dan kondisi event :

MicHandheld – Mic jenis handheld (mic genggam) ini sangat mudah digunakan, dapat diletakkan ketika kita sedang tidak memakainya. Mic jenis ini juga digunakan kadang secara bergantian dengan tangan kiri maupun kanan (walau dapat pula dengan mengunakan stand). Penggunaanya pun harus dikontrol agar tidak menimbulkan noise maupun storing.

Bagi yang telah terbiasa mengunakan mic dapat sangat efektif menggunakan mic handheld karena dapat mengontrol kualitas nada dari suara bervariasi sekalipun dengan menggunakan mic dengan cara yang berbeda.

Banyak microphones directional seperti kategori mic handheld ini menunjukkan sebuah fenomena yang dikenal sebagai efek proximity. Untuk menjelaskannya kita ambil sebagai contoh ketika mic berada sangat dekat dengan mulut, respon bass secara dramatis akan meningkat. Sampai saat ini mic genggam paling sering digunakan, walaupun efek proximity kadang bisa menjadi sedikit hambatan. Meski begitu, mic genggam adalah pilihan populer bagi mereka entertainer seperti penyanyi, komedian, presenter, MC dll. Mic jenis ini banyak digunakan dalam event. Penggunaannya sering pula dengan penyangga (baca:stand-mic).

Lavalier – Tipe mic ini lebih sering dikenal sebagai Clip On. Setie-clipperti namanya, cara penggunaan yakni dengan menjepitkannya pada kerah pakaian (tie-clip) sesuai dengan ukurannya yang sangat kecil dan selain itu mic ini juga sangat sensitif. Mic ini pun memiliki berbagai macam gaya dan bentuk. Lavalier mic memungkinkan penggunanya dengan leluasa mengerakkan tangannya dan mic-nya dapat pula diatur dengan mudah bahkan dapat disembunyikan di bawah kerah pakaian jika diperlukan.

LavalierAda pula jenis lain dari Lavalier mic ini yang cara pemakaiannya disangga pada bagian lingkar belakang kepala serta telinga dengan microphone yang memiliki tangkai relatif kecil. Nah, kepraktisan kedua jenis lavalier mic ini yang membuat populer bagi mereka pembicara publik, presenter TV atau yang lainnya.

gooseneck_micGooseneck – Jenis mic yang dibahas terakhir adalah mic yang sering digunakan untuk event seperti meeting & conference ataupun religious event. Dinamakan demikian karena sesuai artinya memiliki bentuk seperti leher angsa, 🙂 biasanya diletakkan di atas meja maupun mimbar.

Sekian artikel singkat kali ini mengenai tipe microphone yang paling sering digunakan pada event kami. Pastikan event anda berjalan lancar dan sukses dengan mengetahui kebutuhan peralatan yang tepat sesuai dengan jenis event serta kondisi di lapangan. Salam !!